Jumat, 18 Januari 2013

Chief Information Officer ( CIO )

CIO (Chief Information Officer) 

CIO (Chief Information Officer) adalah suatu jabatan dalam organisasi (bisnis, pemerintahan ataupun nirlaba) yangjunyai peran sebagai pemimpin dalam penyediaan informasi bagi kelangsungan hidup organisasi dalam rangkaapai tujuannya. CIO menjadi semakin vital di era informasi dimana eksistensi organisasi sangat ditentukan olehmpuan dalam memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

CIO sendiri secara fungsional membawahi tiga divisi: Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Manajemen Informasi. Divisi Sistem Informasi berfungsi untuk menganalisa kebutuhan informasi dari sebuah perusahaan baik saat ini maupun di kemudian hari nanti (aspek dem and dari informasi). Secara prinsip ada dua jenis aktivitas yang harus dilakukan oleh divisi ini:
• Business Supports - merupakan fungsi untuk selalu memonitor kebutuhan manajemen perusahaan akan informasi sebagai penunjang dalam menjalankan aktivitas bisnis sehari-hari, mengevaluasi tingkat efektivitas penggunaan aplikasi bisnis yang ada, dan mengusulkan aplikasi-aplikasi tambahan maupun perbaikan terhadap yang telah dimiliki, dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan baru.
• Information System Studies - meru-pakan suatu forum penelitian dan pengembangan yang bertanggung jawab untuk selalu memantau perkembangan teknologi di industri dimana perusahaan tersebut beroperasi, terutama bagaimana para kompetitor memanfaatkannya atau merencanakan strategi untuk memanfaatkannya. Secara berkala, forum ini akan mempresentasikan kepada manajemen puncak kesempatan-kesempatan bisnis yang mungkin dilakukan di kemudian hari melalui implementasi perangkat teknologi informasi yang baru. Tim ini pula yang akan menjadi penasehat utama CIO dalam usaha mengembangkan sistem informasi perusahaan.

Sikap CIO
--> Menyediakan Waktu untuk bisnis dan pelatihan

--> Membangun kemitraan dengan unit-unit bisnis

--> Berfokus pada perbaikan proses dasar bisnis

--> Menjelaskan biaya-biaya pelayanan informasi  dalam istilah-istilah bisnis

--> Membengun kepercayaan dengan memberikan jasa pelayanan informasi yang dapat diandalkan
--> Jangan berpikiran defensif
Tujuan dari CIO
chief information officer (CIO) semakin dibutuhkan sebagai salah satu roda penggerak perusahaan modern yang ada di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Posisi CIO pada dasarnya adalah jabatan strategis dan tertinggi yang ada pada bidang TI dan komunikasi di perusahaan. Fungsi CIO menyusun berbagai laporan tentang perpaduan teknologi dan sistem informasi dengan aspek- aspek manajemen, bertujuan memberikan dukungan maksimal terhadap pencapaian tujuan bisnis perusahaan.

Dalam suatu perusahaan, CIO dilihat sebagai salah satu kontributor utama yang berperan penting dalam penyusunan strategi teknologi informasi untuk mendukung kegiatan bisnis. Selain itu, CIO juga berperan sebagai pengatur kegiatan operasional sehari-hari dalam ketersediaan layanan berbasis TI, mulai dari perencanaan, pengelolaan kegiatan TI, hingga mengevaluasi kinerja sistem TI perusahaan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar